
-
By SMADU1
- In Tak Berkategori
Benchmarking & Collaboration
on Bangkok Thailand
Perwakilan dari Yayasan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum, termasuk SMA Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang, mengadakan kunjungan selama empat hari ke Thailand pada 23-26 Oktober 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan studi tiru dan menjalin kolaborasi dalam pengembangan program pendidikan STEM. Program ini diharapkan dapat diterapkan di SMA Darul Ulum 1 Unggulan serta di lembaga-lembaga lain di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum, dengan tujuan memperkaya wawasan dan strategi dalam pembelajaran berbasis STEM.
Salah satu aspek penting dari kunjungan ini adalah menjalin kerjasama dengan SEAMEO STEM-ED, sebuah lembaga di bawah Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara (SEAMEO) yang berfokus pada pengembangan pendidikan STEM di Asia Tenggara. SEAMEO STEM-ED didirikan pada 8 Mei 2019 untuk meningkatkan kapasitas STEM di kawasan tersebut melalui riset, eksperimen, dan pengembangan sumber daya pendidikan. Lembaga ini juga berfungsi sebagai pusat pengetahuan regional bagi pendidik dalam upaya untuk meningkatkan standar pendidikan berbasis kebijakan dan bukti ilmiah.
SEAMEO STEM-ED memiliki visi untuk mendorong kebijakan dan praktik pendidikan STEM yang didasarkan pada bukti. Fokusnya adalah mengembangkan kompetensi siswa di bidang STEM, terutama untuk pelajar K-12, agar mereka dapat lulus dengan kemampuan yang dibutuhkan di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika. Selain itu, lembaga ini juga bertujuan menginspirasi siswa untuk memiliki cita-cita dan motivasi di bidang STEM, sehingga kompetensi dan pengalaman mereka relevan dalam dunia kerja maupun pendidikan lebih lanjut.
Selama kunjungan tersebut, SMA Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan mengunjungi tiga institusi penting di Thailand, yaitu Darunsikkhalai School for Innovative Learning, KOSEN Fostering Practical Innovator di King Mongkut’s University of Technology Thonburi, dan SEAMEO STEM-ED di Bangkok. Masing-masing institusi ini memiliki metode dan pendekatan unik dalam pendidikan STEM yang bisa dijadikan sebagai referensi dan inspirasi bagi pengembangan program STEM di SMA Darul Ulum 1 Unggulan serta di seluruh lingkungan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum.
Selain peningkatan akademik, SMA Darul Ulum 1 Unggulan juga berharap program STEM ini dapat berperan dalam pengembangan keterampilan hidup siswa yang lebih luas. Misalnya, melalui pendekatan STEAM, yang menambahkan unsur seni dalam pendidikan STEM, diharapkan siswa tidak hanya terampil di bidang teknis tetapi juga memiliki kemampuan untuk berpikir secara holistik, kreatif, dan kolaboratif. Hal ini akan membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.
Implementasi program STEM di SMA Darul Ulum 1 Unggulan nantinya akan mengintegrasikan empat bidang utama, yaitu Science, Technology, Engineering, dan Mathematics. Diharapkan program ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis serta kreativitas mereka. Dengan program ini, SMA Darul Ulum 1 Unggulan ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk siswa sebagai generasi penerus yang adaptif, inovatif, dan berdaya saing, sesuai dengan visi Generasi Emas Indonesia 2045.
Bapak Mochamad Yusuf, S.Ag., M.Pd., selaku Kepala SMA Darul Ulum 1 Unggulan, bersama dengan Ketua Komite SMA DU 1 sekaligus Majelis Pimpinan PPDU Bapak KH. A. Tamim Romly, S.H., M.Si serta Wakil Kepala SMA DU1 sebagai Guru Pegiat STEM, Bapak Rizki Yudha Sentika, S.Pd., Gr, menyampaikan bahwa banyak ilmu dan inspirasi yang didapat dari kunjungan ke Thailand ini. Program riset di SMA Darul Ulum, yang sudah berjalan sejak 2016, akan terus dikembangkan dengan mengadopsi pendekatan STEM/STEAM guna mendukung tercapainya 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs). Dengan program ini, diharapkan siswa SMADU1 tidak hanya meningkatkan keterampilan hidup, tetapi juga memperoleh ilmu yang lebih bermanfaat dan berkah, yang relevan dengan tantangan masa depan.



