• Telp. (0321) 860129
  • smudu1@yahoo.com

HARI PENDIDIKAN NASIONAL RELEVANSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

Profil-Biografi-Ki-Hajar-Dewantara

Setiap tanggal 2 Mei kita akan memperingati Hari Pendidikan Nasional sebagai wujud dari perjuangan tokoh pelopor pendidikan pada masa pergerakan Indonesia melawan Belanda. Tokoh tersebut adalah Ki Hajar Dewantara. Jasa Ki Hajar Dewantara dalam mendirikan dan mengembangkan Taman Siswa mulai 1922 kemudian menjadi titik pijak peringatan Hari Pendidikan Nasional setiap 2 Mei. Beliau terkenal dengan semboyan Tut Wuri Handayani “Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” yang memiliki arti “Di depan, seorang pendidik harus memberi contoh teladan, Di tengah muri guru harus menciptakan prakarsa dan ide, Di belakang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan”

Bagi Ki Hajar Dewantara, pendidikan tidak boleh dimaknai sebagai paksaan. Kita harus menggunakan dasar tertib dan damai, tata tentram dan kelangsungan kehidupan batin, serta kecintaan pada tanah air yang harus menjadi prioritas. Memajukan pertumbuhan budi pekerti merupakan kesatuan yang tidak dapat terpisahkan, agar pendidikan dapat memajukan kesempurnaan hidup. Dunia terus mengalami perkembangan, pergaulan hidup antar satu bangsa dengan bangsa lainnya juga mengalami perkembangan. Pengaruh Globalisasi dan pengaruh kebudayaan dari luar sangat mungkin untuk masuk berakulturasi dengan kebudayaan Nasional. Oleh karena itu, seperti yang dianjurkan Ki Hajar Dewantara, kita seharusnya memilih mana yang baik untuk menambah kemuliaan hidup dan mana kebudayaan yang akan merusak jiwa.

Relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara di bidang pendidikan “Mencerdaskan kehidupan bangsa hanya mungkin diwujudkan dengan pendidikan yang memerdekakan dan membentuk karakter kemanusiaan yang cerdas dan beradab”. Oleh karena itu konsepsi pendidikan Ki Hajar Dewantara dapat menjadi salah satu solusi membangun kembali pendidikan dan kebudayaan Nasional. Pemikiran ini bersifat universal dan masih relevan dalam menyelesaikan masalah pendidikan masa kini di Indonesia. Semoga semua dari kita dapat meresapi apa yang menjadi cita-cita dari Ki Hajar Dewantara demi pendidikan Indonesia yang UNBK 2K18 2lebih baik. Selamat hari pendidikan.083609400_1430971931-header ki-hajar belajar-calistung-ala-ki-hajar-dewantara-anak-bukan-kertas-kosong-khd

Profil-Biografi-Ki-Hajar-Dewantara

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *