• Telp. (0321) 860129
  • smudu1@yahoo.com

KERJASAMA FMIPA ITS DAN SMA DARUL ULUM 1 UNGGULAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBINAAN OLIMPIADE

Peningkatan mutu pendidikan akan menjadi tantangan setiap sekolah untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang mampu bersaing dengan pendidikan ASEAN. Usaha untuk terus menerus meningkatkan mutu pendidikan terutama didorong oleh dua faktor, yaitu pertama, bahwa program wajib belajar sembilan tahun sudah makin mendekati ketuntasan yang selanjutnya sudah menginjak ke periode pelaksanaan progam Pendidikan Menengah Universal (PMU); kedua, tantangan persaingan SDM yang makin ketat dalam dunia kerja domestik maupun internasional.

 

Salah satu usaha meningkatkan kualitas pendidikan adalah penerapan Kurikulum 2013 yang menekankan pada pendekatan sainstifik dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah. Ditambah lagi, lomba-lomba, olimpiade dan even lainnya yang menunjang peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Olimpiade dan penerapan pembelajaran Kurikulum 2013 merupakan kesatuan yang saling menunjang. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diharapkan dapat mendorong dan memberikan rangsangan kepada anak-anak sekolah di seluruh wilayah Tanah Air. Beberapa faktor yang sangat penting adalah faktor motivasi, tekad dan kesungguhan peserta didik yang dapat memaksimalkan hasil belajar mereka.

 

Olimpiade Sains Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai misi sebagai berikut (www.osndikbud.com), (1) Melahirkan juara-juara baru di berbagai bidang Sains yang dapat menjadi teladan, sumberinspirasi, dan sumber motivasi bagi peserta didik lainnya di seluruh tanah air, (2) Memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap peserta didik dan guru yang berprestasi di bidang Sains, (3) Memacu peningkatan mutu pendidikan khususnya di bidang Sains, (4) Menjaring peserta didik terbaik dalam bidang Sains untuk dipersiapkan mewakili Indonesia dalam kompetisi serupa bertaraf internasional, (5) Mengembangkan karakter peserta didik dan guru sebagai perwujudan upaya-upaya pendidikan dan kebudayaan, dan (6) Bagi anak berkebutuhan khusus, menanamkan kesadaran dan keberanian mencoba, belajar menerapkan secara langsung, sekaligus mencoba berprestasi secara optimal.

 

Pembinaan peserta didik untuk persiapan OSN setiap tahunnya dilakukan Pembina Olimpiade SMA Darul Ulum 1 Unggulan dengan baik. Namun peningkatan kualitas pembinaan perlu ditingkatkan setiap tahunnya. Jadi pengetahuan seputar olimpiade dari peserta didik dan guru sebagai Pembina dapat diperbarui. Oleh karena itu, SMA Darul Ulum 1 Unggulan melakukan kerjasama dengan FMIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

 

 

Gambar 1 Penandatanganan MoU Bidang Pengembangan Kualitas Pembinaan OSN

 

Institut Sepuluh Nopember khususnya Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menjadi rujukan bagi SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-T untuk meningkatkan kualitas pembinaan olimpiade sains nasional. ITS mempunyai staf pengajar sebanyak 960 orang yang terdiri dari 102 orang profesor, 255 orang doktor, 426 orang master dan lainnya sarjana lulusan perguruan tinggi terkemuka di luar dan dalam negeri serta profesional di bidangnya, menjadikan ITS sebagai sumber acuan perguruan tinggi lain di kawasan Indonesia Timur (www.its.ac.id).

 

SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-T pada hari Minggu tanggal 24 Januari 2016 mengundang Prof. DR. Basuki Widodo, M. Sc dan Drs. Daryono Budi Utomo, M. Si dari FMIPA ITS untuk persiapan pembinaan OSN Tingkat Kabupaten Tahun 2016 dan tindak lanjut dari kerjasama (MoU) antara kedua pihak.

 

 

Gambar 2 Pemaparan Perwakilan FMIPA ITS Kepada Pembina dan Peserta Didik dalam Persiapan OSN Tingkat Kabupaten Tahun 2016

 

 

Gambar 3 Foto Bersama Kepala SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT dan Pembina Olimpiade dengan Perwakilan FMIPA ITS

 

 

 

Daftar Rujukan

 

www.its.ac.id

 

www.osndikbud.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *