• Telp. (0321) 860129
  • smudu1@yahoo.com

Melatih KPS siswa pada ajang LKTI MECHANICAL AND BIOSYSTEM IPB 2015

gb37

Salah satu hal mendasar dalam perubahan kurikulum 2013 adalah dalam proses pembelajarannya menekankan pada pendekatan saintifik (scientific approach) khususnya pada mata pelajaran sains. Di dalam pendekatan tersebut terintegrasi beberapa keterampilan – keterampilan proses sains yang biasa disingkat dengan KPS. Hal tersebut sangat sesuai dengan salah satu visi dan misi sekolah, yaitu mencetak generasi unggul dalam IPTEK seperti halnya dalam bidang penelitian.

 

Oleh karena itu sekolah terus berupaya untuk mengimplementasikan visi dan misi tersebut. Selain kegiatan intrakurikuler dalam proses pembelajaran di kelas, sekolah mengimplementasikannya ke dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan berupa penyusunan karya tulis ilmiah yang di sekolah dikenal dengan sebutan Praktisi KIR (PIKIR). Kegiatan tersebut terbukti dapat digunakan sebagai strategi dalam melatih dan meningkatkan keterampilan – keterampilan proses sains siswa.

 

Banyak sekali produk – produk penelitian yang telah dihasilkan oleh siswa dan telah diakui melalui prestasi yang telah diraih di berbagai even lomba LKTI tingkat nasional mulai dari ITS, Universitas Brawijaya, UNAIR, UGM, UNS dan masih banyak lagi. Dan kali ini, sekolah kembali mendelegasikan siswanya yaitu Muhammad Fahmi (XI A1), Ahmad Zaini Abadi (XI A1) dan Muhammad Nuril Hidayat (XI A1) pada ajang “MECHANICAL AND BIOSYSTEM” yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa fakultas pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB). Meskipun kali ini belum meraih juara namun target jangka penjang, pengalaman berharga tersebut merupakan proses dalam melatih keterampilan – keterampilan proses siswa mulai dari mengamati, merumuskan masalah, melakukan percobaan, menganalisis hingga mengkomunikasikan. Akhirnya mudah – mudahan kedepan, karya – karya siswa  semakin berkualitas dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *